Pernahkah kita mengalami perasaan bad
mood atau tidak bersemangat di tempat kerja ?
pagi-pagi kita pergi kerja tetapi dengan bad mood? Memang manusia merupakan
makhluk yang spesial, yang memiliki perasaan yang kompleks. Antara satu orang
dengan orang yang lain, bisa mengalami perasaan yang berbeda. Adakalanya
perasaan semangat, senang, bahagia tetapi ada juga perasaan sedih, bosan, tidak
bersemangat atau. Ketika dalam kondisi perasaan sedih, bosan atau tidak
semangat, tubuh kita juga ikut bereaksi, badan terasa lemas, mengantuk dan
akhirnya aktifitas kita pun terganggu. Performa kerja pun ikut turun, mungkin
bagi pekerja kantoran akan mempengaruhi karir atau bonus yang akan diterima dan
bagi orang yang wiraswasta atau bekerja sendiri akan
mempengaruhi penghasilannya.
Memang ketika bad mod melanda
pada diri kita, memaksa kerja pun akan didapat hasil yang kurang maksimal. Dan
bagaimana mengatasi hal itu? sebagai makhluk sosial, kita susah untuk
menghindari hal-hal tersebut tetapi kita bisa mencoba mengatasi hal itu, yaitu:
1.
Kenali dan fahami
penyebab
Bad mood bisa
disebabkan berbagai macam sebab dan dengan mengetahui penyebabnya, kita akan
mudah untuk mengatasinya. Misal kita bad mood ketika melihat meja atau ruang
kerja yang berantakan, atau menginggat beban kerja yang berat atau hutang yang
menumpuk. Nah mungkin anda bisa merapikan meja atau ruang kerja anda terlebih
dahulu atau membagi beban kerja agar terasa ringan.
2.
Atur prioritas
Seperti pada
tulisan lainny, sebaiknya kita selalu mempunyai ‘planning’/rencana dan selalu
tentukan prioritas. Kerjakan aktifitas yang paling penting dan cukup
mempengaruhi tugas-tugas kita selanjutnya.
3.
Disiplin
Setiap aktifitas atau tugas yang akan kita lakukan, selalu tentukan deadline. Meskipun perusahaan atau client kita juga telah menentukan deadline tetapi sebaiknya kita juga mempunyai deadline tersendiri yang tentunya tidak saling ‘bertabrakan’ antara deadline kita dengan deadline dari perusahaan/client. Hal dapatmemacu semangat kerja kita untuk menyelesaikan tugas dan menghindari terjadinya bad mood ketika pekerjaan semakin menumpuk.
Setiap aktifitas atau tugas yang akan kita lakukan, selalu tentukan deadline. Meskipun perusahaan atau client kita juga telah menentukan deadline tetapi sebaiknya kita juga mempunyai deadline tersendiri yang tentunya tidak saling ‘bertabrakan’ antara deadline kita dengan deadline dari perusahaan/client. Hal dapatmemacu semangat kerja kita untuk menyelesaikan tugas dan menghindari terjadinya bad mood ketika pekerjaan semakin menumpuk.
4.
Letakkan foto
orang-orang yang kita cintai
Seringkali
ketika kita melihat orang yang kita cintai, perasaan sedih, tidak semangat akan
berbalik menjadi senang atau semangat. Hal ini bisa kita gunakan dengan
meletakkan foto-nya di tempat yang mudah kita lihat, misal meletakkan foto
keluarga di meja, foto anak, atau pacar and Memang hal ini terlihat sangat personal
tetapi hal ini dapat memacu semangat.
5.
Hindari
Penyebabnya
Hal ini
berkaitan dengan poin pertama, ketika kita mengenali penyebab bad mood.
Sebaiknya kita menghindari hal-hal itu ketika akan memulai aktivitas kerja,
alangkah baiknya penyebab itu dapat kita selesaikan sebelum beraktitas.
Itulah beberapa tips mengatasi
perasaan bad mood, tapi yang perlu diingat bahwa waktu akan terus berjalan
tanpa bisa dihentikan, dengan perasaan bad mood atau tidak. Usahakan kita
selalu bisa mengendalikan perasaan kita akan bisa mencapai “ hari ini lebih
baik dari hari kemarin “.
sumber :
No comments
Post a Comment